Rabu, 06 Juni 2012

Ball Python ( Python regius )

*Nama : Ball Python or Royal Python
*Latin name: Python regius
Ball python tidak termasuk jenis ular yang berbisa. Merupakan ular yang cocok untuk hobies pemula, karena sifatnya yang tidak galak dan cara pertahanan dirinya yang bukannya menggigit melainkan menggulungkan dirinya membentuk seperti bola.
Di Eropa mereka disebut Royal Python, di Amerika disebut Ball, karena suka melingkar seperti bola apabila mereka lagi tidak nyaman, sambil menarik kepala kebagian tengah lingkaran. Seperti jenis python yang lain, Ball Python termasuk jenis ular yang lembut/kalem dan selalu ingin tahu.
Seperti jenis-jenis python dan boa lainnya, ball python memiliki tanduk/kuku dibagian sisi kanan dan kirinya, kuku ini adalah sisa evolusi dari kaki semasa mereka masih berbentuk seperti kadal, kira-kira berjuta tahun yang lalu (teori ini masih diperdebatkan). Ular jantan memiliki tanduk/kuku yang lebih panjang dari betina, jantan juga cenderung memiliki kepala lebih kecil dibanding betina.
Ball Python senang berburu bermacam-macam jenis makanan segala jenis amphibi, kadal, ular dr jenis yg lain, burung dan mamalia kecil. Di habitatnya mereka tidak makan tikus, bahkan tangkapan liar Ball Python cenderung pilih-pilih makanan.
Ball python termasuk ular yg kuat menahan lapar, bahkan pernah ditemukan kasus ular Ball Python tangkapan liar yg tidak mau makan selama 1 tahun, yang akhirnya gak kuat juga trus makan kadal. Jangan menerapkan diet seperti ini kalau kalian piara Ball Python ya, apalagi jadi alasan memelihara ular, karena gampang kasi makan (setaun sekali). Dan kalo ada Pet seller yg bilang ?Ini Ball Python-nya makan terus lahap sehari 3 kali? - jangan dipercaya ya!..Karena gak mungkin dia sehat kalo makannya seperti itu.
Lebih baik membeli Ball Python dari breeder, jangan hasil tangkapan liar. Setelah membeli, biarkan dulu si Ball Python di kandangnya selama 5-7 hari baru diajak bersosialisasi. Dengan naiknya peminat reptile, maka berkurang pula jumlah Ball Python di alamnya. Lebih dari 60,000 Ball Python di impor setiap tahunnya, ada yg dipiara dan banyak juga yg dimakan dan di ambil kulitnya. Ball Python memiliki tingkat reproduksi yang rendah, selain itu Ball Python juga suka membawa bibit parasit, ini banyak tidak diketahui oleh para pemula peminat ular.
Di penangkaran Ball Python menginjak masa dewasa di usia tiga sampai lima tahun. Betina biasanya bertelur sejumlah empat sampai 10 butir. Ball Python betina akan menunggui telur selama 3 bulan, tidak makan. Ball pyhton tertua yg sempat ditemui berusia 48 tahun. Cara memilih Ball Python, pilih yang memiliki kulit yg kencang dan bersih. Bentuk tubuh yang bulat, mata yang jernih, sering menjilat-jilat kalau di handle, anus yg bersih. Semua Ball Python biasanya pemalu, gak suka dipegang kepalanya..kecuali udah ?bau tangan? manusia alias piaraan lama.
Reaksi normal dari Ball Python kalo dipegang adalah menarik mundur kepalanya secara cepat apabila ada yg menyentuh. Ketika dipegang/dipangku Ball Python biasanya akan ?memeluk? bagian tubuh dmana anda meletakkannya, tapi tidak membelit keras ya?Dan dia biasanya sangat berhati-hati dan awas terhadap lingkungan sekitarnya. Karena di alamnya anak ular jadi makanan ular lain , biasanya baby ular Python agak sedikit tapi seiring dengan jalannya waktu dia kan menjadi lebih tenang.
Kandang yang aman. Pilih kandang yg special untuk ular, misalnya yg terbuat dari kaca yg ada gemboknya di bagian atas atu depan. Semua ular senang mencari jalan atau celah untuk KABUR !; Ball Pyhton sendiri sangat kuat dan ?tricky? kalo udah punya rencana untuk melarikan diri.
*Asal : Afrika tengah dan Bagian Barat Afrika.
Ball Pyhtons (Python regius) banyak ditemukan di pinggiran hutan bagian tengah dan barat benua Afrika. Mereka termasuk jenis ular yang hidup dengan baik di pohon dan tanah. Ball Phyton termasuk crepuscular, aktif di saat matahari tenggelam dan menyingsing.
*Ukuran :Panjang Ball Python biasanya sekitar 90-120cm ada juga sih yang panjangnya lebih dikit dari 1,5m. Kalau pemberian makannya bagus maka tubuh Ball Python akan berbentuk cantik dan bulat.
*Umur Hidup : Ball pythons adalah ular yang paling panjang masa hidupnya, bisa mencapai usia hidup sampai dengan 20 - 30 tahun, Seperti yang ada di kebun binatang Philadelpia mencapai umurnya saat ini adalah 47 Tahun.
*Penampilan Umum: Sesuai namanya yang suka sekali menggulung badan membentuk bola dengan menaruh kepalanya ditengah sebagai bentuk suatu pertahanan. Ada banyak motif dan corak yang tersedia pada saat ini. Sedangkan untuk standard ball phyton mempunyai warna coklat dengan warna sedikit terang, dipengaruhi titik hitam, warna bagian perut biasanya berwarna putih atau abu abu sedikit terang.
*Tempat Pemeliharaan: Untuk baby Ball, gunakan kandang kaca ukuran 10 gallon (kira-kira 50 x 25 cm). Untuk BP yg masih remaja/ABG gunakan sekitar 20 gallon, dan dewasa di 30 gallon (91 x 35 cm).
Periksa tiap hari, kalau ular buang air di serbuk cepat2 d buang..untuk menghindari tumbuhnya jamur dan bakteri derta parasit. Pilih substrate yg sesuai dengan jadwal pembersihan kandang dan tingkat kerepotan hidup anda! Jangan maksa pengen yg indah-indah tapi gak bias bersihin tiap hari. Kasian ularnya...Jangan lupa kasi kotak sembunyi ular, bisa dari kayu, plastik atau lain yg tidak beracun.
Jangan pilih yg transparan ya...karena ular jg butuh privacy, dia suka tidur ditempat yg super gelap, sesuaikan dengan ukuran ular (harus pas, jangan longgar atau kekecilan). Kalo dia udah besar ya ?box bayi? -nya harus di ganti. Ada baiknya kalo disediakan juga kayu/ranting yang kuat untuk dia bertengger
*Suhu: 80-85 F Siang Hari , 90 - 95 F untuk berjemur, 75 -80 F Pada malam hari.
*Pencahayaan : pemberian cahaya tidak diperlukan, hanya saja bila diperlukan gunakan lampu model neon yang panasnya tidak seberapa bila dibanding dengan lampu pijar.
*Alas : Memilih alas dasar kandang paling bagus (ekonomis dan bersih) gunakan ?paper towel?, atau koran. Karena di dua bahan ini ular sangat mudah dideteksi kalau buang hajat dan kutu-kutu. Setelah hewan agak besar, ukuran remaja baru deh pake substrate atau bedding istilahnya, yang agak fancy seperti potongan/serbuk kayu khusus untuk ular, jangan kayu sembarangan ya (apalagi yg dr pohon pinus, bisa2 kemakan pas lagi makan, dan mengganggu sitem pernapasan).
*Pakan : BabyBall python diberi makan tikus mencit atau cindil 1 kali seminggu, ball Python Dewasa 2 atau 3 ekor seminggu tikus dewasa. Sebelum memberikan makan harap diperhatikan dulu tikus sudah dimatikan terlebih dahulu untuk menghindari terlukanya ular. Sediakan Air didalam kandang guna untuk memudahkan pergantian kulit dan tempat berendam bagi ular.


Bayi BP sebaiknya diberi makan tikus yg sudah dibunuh (sorry) usia 5-10 hari, satu ekor tiap minggu. Jangan memaksa ular utk makan, kalau anda pemula di dunia ular. Karena kan menyebabkan ular sakit dan mati. Sediakan air bersih tiap hari, maksudnya air harus diganti tiap hari ya. Ball Python perlu air utk minum, mandi dan buang hajat. Seringnya sih d satu tempat, jadi selalu cek, kalo dah kotor kena ?sesuatu? ya d ganti yang baru. Kalau anda melihat kulit ular sudah mulai kelihatan kusam dan matanya jadi abu2 kebiruan maka ini saatnya dia mau ganti kulit, jadi sediakan air hangat dan masukkan dia ke air hangat utk membantu proses ganti kulit. Hanya selama 10 menit!!..Setelah itu kembalikan lagi ke kandangnya. Maka dalam waktu kurang lebih 24 jam kulit lama akan lepas.

*Dibawah ini beberapa jenis-jenis ball python:


> orange ghost fire ball python























> Orange Dream Spider Ball Python



















> Striped Ball Python


















> spinner-ball-python


> Lesser Black Pastel Ball Python



















> Mojave Ball Python



















> ball python morph


















> banana clown


















> spider piebald ball pythons


> bumble bee ball python

















> ball python morph























> clown ball python




Referensi: http://www.satwaunik.com
imaga : search google

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar