Rabu, 03 Oktober 2012

PYTHON KARPET


= PYTHON KARPET

* Ular yang hidup di hutan hujan sampai pinggiran sungai. Bisa ditemukan mulai dari Australia sampai Papua Guinea. Carpet python dewasa bisa tumbuh hingga sepanjang 1.5 hingga 1.7 meter, Carpet python betina memiliki ukuran tubuh dan panjang yang lebih dibandingkan dengan carpet python jantan. Carpet python betina bisa mencapai panjang 1.7 – 2.3 meter tapi pernah juga ada tercatat ulat carpet python sepanjang 3 meter. Carpet python memiliki tubuh yang relative berukuran sedang. Di kepalanya selalu ada motif unik yang berbentuk mirip mata panah. Pola warna carpet python bervariasi dari hitam ke kuning terang dan hitam pekat. Jungle carpet python rata-rata berwarna bercak warna kuning-cokelat di atas dasar hitam dengan bawah putih tegas, warna akan terlihat bagus bila sudah mencapai dewasa pada umur dua atau tiga tahun. Semua jenis carpet python memiliki perut yang berwarna putih, tapi sering ditemukan juga warna putih dengan bintik bintik hitam. Ular ini dikenal karena warna mereka terang dan pola kulitnya yang cantik, kadang warna kulit carpet python lebih terang dari semua Morelia (kecuali Green Tree Python, Morelia viridis).

* Carpet python bersifat semi-arboreal dan habitat alami ular ini adalah hutan tropis. Carpet python tidak sepenuhnya arboral seperti Boa/mono pohon, tetapi carpet python akan naik ke pohon untuk menangkap mangsa (burung) atau dalam keadaan terdesak bahaya. Ekornya digunakan untuk membantu ‘memegang erat’ dahan pohon saat menaiki pohon. Umumnya ular ini aktif atau mencari makan pada malam hari. Carpet python bisa hidup selama 10 hingga 20 tahun, dan memangsa unggas atau binatang pengerat. Makanan favoritnya di alam liar adalah burung, tikus, ayam dan sebagainya.

* Carpet python sangat pintar meloloskan diri. Jika memelihara carpet python, harus disediakan kandang yang layak dan rapat untuk ular ini. Carpet python dewasa membutuhkan kandang yang berukuran besar dengan aksesoris dahan dahan pohon. Sediakan juga tempat minum yang agak besar, selain itu kandang harus memiliki ventilasi yang baik tanpa melupakan segi keamanan. Kebanyakan carpet python tidak agreasif tapi mereka sangat defensif. Bayi carpet python lebih sering menyerang/menggigit dan cenderung suka bersembunyi. Tapi jika dipelihara dengan baik & sering di handle, ular carpet python akan jadi ular yang jinak & sangat menyenangkan untuk dipelihara











Tidak ada komentar:

Poskan Komentar